Pernahkah Anda Ditilang ?

Motor satu kali ditilang: awal 2008 di bunderan HI polisi-nya keukeuh ngajak damai ( saya keukeuh pengen ditilang. Akhirnya kena tilang merah minta tilang biru polisinya bilang udah nggak berlaku, saya iya saja karena nggak tahu juga.

Tebus di Ditlantas Jaksel (sampai H-1 sebelum tanggal sidang SIM/STNK disimpan di Ditlantas bisa ditebus dengan membayar denda) bayar 35rb padahal dendanya cuma 15rb utk pelanggaran marka jalan kata mbak polwan yg cantik ongkos titip sidang. pas ditanya itu apa dasarnya ada ongkos titip sidang dia bilang pokoknya aturannya begitu kalo adek (yup saya dipanggil adek dan sempet digodain juga) nggak mau silaken nanti ke pengadilan saja.

Pas mau ke pernikahan teman, samping pintu tol Rawamangun :
Polisi: Selamat pagi, bapak tahu kesalahannya apa ?

vicong: Pagi, iya pak saya tahu saya salah tadi saya lupa harus ambil jalur paling kiri pas tersadar sudah depan pintu tol mau belok kiri mendadak bisa dihantam mobil dari belakang.

Polisi: hmm ya sudah ini jadinya mau gimana, saya tilang saja yah

vicong: Ya pak silakan saja, eh ini kesalahannya pelanggaran marka jalan yah pak ?

Polisi: Bukan bapak salah menerobos jalur khusus mobil

vicong: Ya sudah tilang saja tapi saya minta tilang biru, karena saya mengakui kesalahan saya jadi biar langsung setor denda ke kas negara

Polisi (mau nulis tilang merah ke pause): wah pak tapi denda tilang biru sekarang dendanya lebih mahal lho daripada tilang merah

vicong: Maaf pak, itu ada perubahan dasar aturannya apa, no berapa dan tahun berapa ?

Polisi: er saya rada lupa, tapi yang pasti nanti bapak susah harus nyari kantor BRI yang ditunjuk nanti pekerjaan kantor bapak terganggu

vicong: Oh nggak masalah pak saya malah sering disuruh kantor ke Bank

Polisi: Iya, tapi kan ini BRI-nya susah dicari

vicong: Yah asal ada alamat atau nama cabangnya bisa dicari pak

Polisi: (berpikir keras) : Oh ya sudah untuk kali ini, saya kasih peringatan saja lain kali jangan diulangi

vicong: Terimakasih pak kebetulan saya juga sudah mulai lapar nih, mau buru-buru ke kondangan 😀

LAMPIRAN:

  • Surat Tilang Slip Biru Masih Berlaku
  • Tips Menghadapi Polantas
  • TABEL PELANGGARAN LALU LINTAS YANG DITINDAK DENGAN TILANG SESUAI UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 1992 BESERTA PERATURAN PELAKSANAANNYA UNTUK DKI JAKARTA
  • ALAMAT PEMBAYARAN UANG TITIPAN, TEMPAT DAN HARI SIDANG DIJAJARAN POLDA METRO JAYA

*nyetel Doel Sumbang – Pulisi Noban*

 

UPDATE: Semenjak pemberlakuan UU Lalulintas yg baru UU No.22 Tahun 2009, besaran denda tilang MAKSIMAL mengalami kenaikan drastis. Mekanisme tilang biru tidak disarankan, minta saja tilang (tilang merah/tilang pengadilan).

Selesaikan urusan di Pengadilan, hakim yang akan menentukan besaran denda tilang (praktek umumnya tidak sebesar denda maksimal) bayar di loket pengadilan setelah disidang. Apabila tidak dapat hadir pada hari sidang, H+1 SIM/STNK dapat ditebus di Kejaksaan Negeri setempat.

Lebih baik lagi hindari tilang, berkendara yang baik patuhi semua aturan lalulintas dan rambu yang ada 🙂

 


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Ada 6 respons untuk “Pernahkah Anda Ditilang ?”.

  1. emang bener-bener noban. Saya pernah nyeruduk lampu merah di daerah Tanjung Pinang, jam 22.00 WIB.

    Pulisi mengampiri saya: Kamu melanggar lampu merah, STNK saya tahan. silahkan ambil di kantor.

    Saya: Kalau biar nggak dibawa kekantor, bisa nggak pak?

    Pulisi: Bisa saja, tapi 30 rebu.

    Saya: Saya ngak punya 30 rebu, pak.

    Pulisi: Ya udah saya tilang. kalo ngambilnya besok dikantor, kamu bayar 300 rebu.

    Saya: Plis, tolong pak, duit saya cuman 7 rebu, pak.

    Sayapun mengeluarkan dompet saya dan menunjukkannya ke pak pulisi. Ajaib, yang lima rebu diambil…

    Pulisi: Itu yang dua rebu buat kamu….

    (Ini nyata dan benar-benar saya alami)

  2. adit

    waah untung banget cuma dikasih peringatan…

    pasti pakek santet *nuduh* 😀

  3. duLuw saya diw semarang nrobos Lampuw merah, kena denda 34rebuw ato berapa gituw, pokoknya nda genap puLuhan… tapiy tetep dikasiy kembaLian 😀

    btw, theme kita sama…
    ^_^

  4. jaaaah.. UU di Indo didebat.. gag bakal ada abisnya, lubangnya dimana2… 😛

  5. diecovr39
  6. Whiki

    helo bro….damang??

    Dulu waktu masih sekolah, sy sering banget tuh yg namanya “dikejar2 pulisi” secara motor gw juga underbone abis & torondol.
    klo didaerah bandung, sekitar pertigaan jl. jatmika dan perempatan jl. garuda juga harus berhati2 bagi pengendara sepeda motor. suka ada oknum yg iseng…..(pengalaman githu…hehehe)

Beri Respons