Kucing Bisa Melihat Makhluk Gaib?

*Catatan: Maaf, bukan artikel horor ūüėÄ

Tulisan ini terinspirasi ketika saya sedang melihat-lihat kumpulan foto lama hasil jepr√©tan sewaktu awal tertarik motret, yang¬†rencananya akan saya terbitkan di blog Jeprat Jepr√©t. Karena waktu itu saya sedang semangat belajar, jadinya segala hal saya potret yang¬†akibatnya¬†banyak sekali foto-foto ‘nggak jelas’ hasil coba-coba.

Ada foto-foto yang membuat saya tertarik, yaitu salah satu kumpulan foto kucing yang berlokasi di Rumah Sakit Dustira Cimahi. Pada kumpulan foto tersebut, saya sempat memotret objek kucing tersebut beberapa kali sebelum akhirnya saya berhasil mendapatkan foto Mata Kucing. Dan setelah saya perhatikan ada yang membuat saya sedikit penasaran dengan pose-pose kucing tersebut. Berikut ini foto-foto kucing tersebut:

Kucing tersebut entah dari mana datangnya¬†menghampiri saya begitu saja. Biasanya jika ada kucing mendekat, dia akan mengeong dan menatap dengan¬†mata memelas, yang artinya dia minta makanan. Tapi begitu mendekat, si kucing ini tidak segera memperhatikan ke arah saya, tatapan mata kucing itu malah tertuju ke arah di sekitar kiri kanan saya, menengok ke arah atas saya dan ke arah tembok di belakang saya juga. Kucing itu seakan-akan melihat-lihat ke objek lain sebelum akhirnya matanya terfokus pada kamera sehingga bisa saya potret. Seolah-olah kucing itu melihat ‘sesuatu’¬†di sekitar situ, padahal jelas-jelas saat¬†itu saya hanya sendirian di tempat itu. Adapun orang selain saya berada agak jauh dari tempat saya duduk dan tidak terlihat karena terhalang tembok.

Sempat terlintas di pikiran saya, jangan-jangan kucing itu memang melihat ‘sesuatu’ yang tak kasat mata. Apalagi di rumah sakit tua seperti R.S. Dustira ini konon sering terdengar cerita pengalaman aneh yang berhubungan dengan makhluk gaib. Banyak juga obrolan orang yang beranggapan¬†jika kucing bertingkah aneh pada malam hari artinya dia sedang melihat makhluk halus. Benarkah kucing bisa melihat makhluk gaib?

Karena penasaran, saya iseng searching via Google untuk mencari¬†artikel yang menjelaskan hubungan antara penglihatan¬†kucing dan makhluk gaib. Tapi¬†sampai saat ini saya belum menemukan referensi¬†yang bisa dipertanggungjawabkan untuk memuaskan rasa penasaran saya, justru malah artikel aneh-aneh yang banyak saya temukan. ūüėÜ

Saya malah menemukan artikel menarik di BusinessInsider Science tentang gambaran penglihatan kucing yang dibuat oleh seorang seniman grafis yang sekaligus peneliti bernama Nickolay Lamm. Nickolay Lamm membuat foto gambaran perbandingan penglihatan kucing dan manusia pada keadaan yang berbeda-beda. Foto-foto yang Nickolay hasilkan merupakan hasil konsultasi dengan beberapa ahli mata hewan untuk membuat hipotesa bagaimana gambaran penglihatan kucing dibandingkan dengan penglihatan manusia.

Menurut gambaran Nickolay, penglihatan kucing lebih sensitif dibanding manusia pada tempat gelap atau malam hari. Jika mata manusia melihat suatu tempat dengan sumber cahaya sedikit, maka akan menghasilkan gambaran yang hampir gelap gulita dan hanya terlihat sumber cahaya tersebut. Hal ini berbeda dengan mata kucing yang bisa melihat tempat yang sama dengan gambaran yang lebih mendetail dan lebih terang. Bisa dilihat perbandingan gambarannya pada artikel tersebut (How Cats See The World Compared To Humans [PICTURES]).

Jadi, ada kemungkinan kucing yang saya foto pada malam hari itu bukan melihat makhluk gaib, tapi mungkin dia sedang melihat-lihat objek yang memang bagi dia terlihat lebih jelas dan mendetail pada malam hari. Yang saya sering perhatikan, kucing tertarik dengan hal-hal kecil yang bisa dia kejar (naluri alamiah sebagai pemangsa) seperti cecak, kecoa, serangga ataupun hewan lainnya. Mungkin saja hal-hal seperti itu yang waktu itu sedang dia incar, yang memang mata saya tidak bisa jelas melihatnya di malam hari.

Nah, bagi yang punya kucing dan suka bertingkah aneh atau celingak-celinguk di malam hari, tenang aja.. karena belum tentu¬†kucing bisa melihat makhluk gaib. Anggap saja dia sedang mencari teman untuk main kucing-kucingan. ūüėÄ

Kalau ada yang punya pengalaman atau referensi tentang kucing dan makhluk gaib, silakan berbagi pada kolom respons di bawah.

_______________________

Sebagaimana catatan di awal bahwa tulisan ini bukan artikel horor, tapi saya juga punya pengalaman menyeramkan di R.S. Dustira ini. Nanti akan saya tulis, tunggu aja tanggal mainnya.. ūüėÄ


Respons

Ada 5 respons untuk “Kucing Bisa Melihat Makhluk Gaib?”.

  1. Selvy

    Kucing ku malah aneh, dr tadi mlm tdr dkamr trs.dikasi makan ga mau selain dikamar.
    pagi ini dia ngeliat ke ruang Tv kaya liat sesuatu.
    Dibawa paksa ke ruang tv malah lari mojok, dibawa lagi malah kencing pas digendong (ga biasanya). Tapi dia terus2an ngintip dr kamar ke arah tv..
    Jadi kucing nii beneran bisa liat “sesuatu” sejenis kaya gtu apa enggak sih sebenernya?

    1. ūüėģ Nah kalo kaya gitu malah serem ya… Jangan-jangan emang si kucing bisa ngeliat sesuatu yang tak kasatmata, hiiiiy..

  2. Zheefauziah

    Kucing ku saat magrb dia mematap ke tembok tatapannya seperti yg di foto..
    Setahu ku di tembok itu gak ada binatang apa apa..
    2 hari kemudian tetangga ku meninggal..
    Pas ade aku meninggal.. Kemarennya kucing ku ngeong ngeong sambil celingak celinguk gitu.. Setiap kamar dia masukin kaya mencari sesuatu..
    Saat melihatku dia buang muka,, balik badan ngeong ngeong sambil liat liat lagi..
    Esok nya ade ku meninggal..
    Apakah hanya betetulan atau apa yah

  3. Puspita

    Kucing aku malah pendiem tp ada satu ruangan dirumahku dimeja tv dia kayak seakan akan diajak main , disodorin mainan atau entah makanan tp dia pasti berusaha ngerebut sesuatu itu dan dia seolah olah berhasil nangkep dan dia ngunyah2 . Setelah itu dia bersihin badan aku ada videonya kalo mau liat…

  4. Kucing Yg Dirumah Saya Saat Berada diAtap Rumah atau atas triplek rumah saya , saat waktu abang saya tidur pertama seperti mendengar orang minta tolong diatas atap triplek pas keduanya suara kucing gedabag gdubug ( menginjak triplek tersebut ) apakah kucing itu sedang melihatnya??
    Abang saya pun langsung lari keluar kamar pas pada tengah malam!

    Yg sebelumnya pun pernah abang saya ditibrain makhluk halus atau jin yg besar dari atas lemari, abang saya pun keluar dan terus seperti ditarik kakinya .
    Apkah itu godaan syetan bagi orang taat

Beri Respons