Asal usul Nama Kapten Barbarossa Musuh Bebuyutan Kapten Jack Sparrow dalam Film Pirates Of The Caribbean

Pasti  pada pernah nonton kan film Pirates of  The Caribbean yang dibintangi salah satu aktor terbaik Johny Depp yang berperan sebagai Kapten Jack Sparrow si bajak laut yang banyak akal, konyol atau hokinya bagus kali ya.. Di pelem itu Jack Sparrow punya musuh bebuyutan namanya Kapten Barbarossa seorang bajak laut jahat yang kejam.

Tapi ada yang tau gak sebenarnya darimana asal usul nama Kapten Barbarossa musuh bebuyutan Kapten Jack Sparrow itu?

Nama Barbarossa sebenarnya adalah nama satu keluarga di masa kejayaan Kerajaan Turki Ottoman yang memimpin angkatan laut Kerajaan Turki sehingga pada masa tersebut Turki menguasai kekuatan di Laut Tengah.

Nama aslinya “Horush” yang kemudian lebih dikenal dengan “Boba Horush” atau “Baba Arouj” yang artinya kira-kira Si Janggut Merah. Kemudian dipanggil “Barbarossa” oleh pelaut-pelaut Kristen yang menganggapnya sebagai sebuah “teror lautan”.

Menurut Encyclopedia Britannica, Barbarossa adalah nama yang diberikan orang-orang Kristen kepada Khairuddin putra dari Yaqub yang lebih dikenal sebagai Boba Horush, Yaqub mempunyai empat putra : Elias, Arouj, Isaac dan Khirz, Arouj dan Khirz kemudian lebih dikenal sebagai Horush dan Khairuddin.

Keluarga Barbarossa dikenal dengan kehandalan dalam memimpin armada laut Turki sehingga dianggap sebuah terror bagi armada laut Kristen Genoa  dan Spanyol. Pada masa keluarga Barbarossa memimpin armada laut Turki, Turki dapat memperluas wilayah kekuasaan ke Afrika Utara hingga mencapai pesisir pantai Lautan Atlantik dan merupakan kekuatan maritime terbesar di Laut Tengah.

Khairuddin Barbarossa menjadi Laksamana Laut  menggantikan kakaknya Horush yang terbunuh dalam pertempuran. Pengetahuan dan strategi yang dimilikinya membuatnya menjadi sosok yang paling menakutkan bagi kekuatan armada laut musuh.

Khairuddin mempunyai ambisi untuk menaklukkan Semenanjung Iberia dengan merebut Gibraltar (Jabal Thariq ) dan akhirnya pada Agustus 1540 Khairuddin Barbarossa menyerang Gibraltar dengan kekuatan 16 kapal, 100 pelaut dan 1000 prajurit. Namun kota ini telah dibentengi dengan baik sehingga meskipun orang-orang Spanyol tidak mampu melawan dan hanya bias mengurung diri di dalam kota, akhirnya karena kurangnya perbekalan dan dukungan dari armada darat Barbarossa menghentikan pengepungannya.

Ambisi Khairuddin Barbarossa menaklukkan Semenanjung Iberia gagal hingga ia tutup usia di tahun 1546, namun namanya tercatat dalam sejarah sebagai orang yang membawa Turki mencapai kekuatan maritim terhebat di masanya.

Itulah asal usul dibalik nama Barbarossa yang sebenarnya bukan seorang bajak laut kejam namun sebenarnya adalah seorang pemimpin angkatan laut Kerajaan Turki yang sangat ditakuti oleh armada laut Kristen Spanyol dan Genoa.


Respons

Ada 2 respons untuk “Asal usul Nama Kapten Barbarossa Musuh Bebuyutan Kapten Jack Sparrow dalam Film Pirates Of The Caribbean”.

  1. jemyaneh

    berati nenek moyang turki seorang pelaut ya?
    nenek moyang kita juga seorang pelaut coba kalu kaya barbosa ya.. mungkin udah beken tuh,, he,,he,, (piss ah)

  2. nonnie

    Ooo.. gitu ya, baru tau. kirain barbarossa tuh kakeknya barbara yang di telenovela..

Beri Respons